16 Siswa Pesantren Darul Mursyid Raih Prestasi Olimpiade GSC-POSI 2021

16 Siswa Pesantren Darul Mursyid Raih Prestasi Olimpiade GSC-POSI 2021

09/11/2021 0 By Redaktur 1

TAPSEL I Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) kembali meraih prestasi pada olimpiade Gelora Sains Competition (GSC) Tingkat Nasional Tahun 2021 yang digelar Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI).

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM Darwis Simbolon mengatakan, olimpiade GSC-POSI adalah kompetisi sains yang diselenggarakan POSI untuk memfasilitasi ribuan pelajar di tingkat SD, SMP/MTs, SMA/MA, mahasiswa/i di Indonesia.

Olimpiade GSC-POSI yang berlangsung secara daring pada 24 Oktober 2021 diikuti ratusan sekolah di Indonesia, seperti SMA Al-Abidin Bilingual Boarding School, SMAN 1 Sukapura, SMAN 1 Karangmojo, SMAN 1 Purbalingga, SMAN 1 Sambas, MAN 2 Banjarnegara, SMAN 3 Semarang, MAN 1 Surakarta, SMAN 1 Cibinong, SMAN 2 Kudus, SMAN 1 Manyar, SMAS Nurul Ilmi, SMA Islam Plus Adzkia Medan, MAN 3 Medan, serta sekolah lainnya.

Sebanyak 16 siswa-siswi PDM yang terletak di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) meraih prestasi pada olimpiade GSC-POSI tahun ini. Rinciannya yaitu pada bidang Geografi atas nama Fadhlan Aulia dan Fauzan Fadhil masing-masing meraih medali Emas, M. Al Rafi dan Fatwa Miranda masing-masing meraih medali Perak, Gilang Maulana meraih Perunggu. Bidang Biologi atas nama Yona Rizki Aulia meraih Perak dan M Rizki Ferdiansyah meraih Perunggu. Bidang Ekonomi atas nama Radhitiya Wicaksana meraih Emas, Ihsan Riski Siregar meraih Perak, Arif Dharmawan dan Aidil Rahmad masing-masing meraih Perunggu. Bidang Fisika atas nama Nazwa Alviona meraih Perak, Jefri Abu Yasin, Kurnia Fajar, Antha Fasolla dan Arbi Wildan masing-masing meraih Perunggu.

Direktur PDM Yusri Lubis merasa bersyukur dan menyampaikan apresiasi atas perolehan medali yang berulang-ulang terus diraih oleh anak didiknya.

“Kami ucapkan selamat kepada para duta bangsa yang mengharumkan nama Islam dan Pesantren Darul Mursyid dengan prestasinya pada olimpiade GSC-POSI ini,” ujar Yusri Lubis.

Yusri juga menyampaikan ucapan terima kasih atas do’a dan dukungan Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) Jafar Syahbuddin Ritonga DBA selaku pembina PDM, para Wakil Direktur PDM dan seluruh elemen Pesantren Darul Mursyid.

“Semoga prestasi ini bisa menjadi motivasi untuk berinovasi dalam menggali ilmu pengetahuan,” pungkas Yusri.

Terpisah, Ketua Umum YASPENHIR Jafar Syahbuddin Ritonga mengapresiasi prestasi siswa-siswi Pesantren Darul Mursyid yang terus mengalami peningkatan.

Dengan terus menambah prestasi sains, tegas Jafar, Pesantren Darul Mursyid menunjukkan konsistensinya dalam pencapaian visi dan misi sebagai pusat kejayaan sains Islam di Sumatera Bagian Tenggara.

“Insya Allah kita tidak akan pernah berhenti untuk mengikuti event perlombaan sains bergengsi dimanapun. Teruslah berjuang demi untuk kemajuan Islam, bangsa, Pesantren Darul Mursyid serta untuk membanggakan orangtua,” tutur Jafar, sosok pemimpin yang sangat berkarismatik ini. (Borneo)