Tim Olimpiade Pesantren Darul Mursyid Sukses Raih Prestasi Olimpiade LMNAS 2021

Tim Olimpiade Pesantren Darul Mursyid Sukses Raih Prestasi Olimpiade LMNAS 2021

23/11/2021 0 By Redaktur 1

TAPSEL I Tim olimpiade Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) yang terletak di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH)  Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) kembali sukses meraih prestasi pada ajang olimpiade Literasi Matematika Tingkat Nasional (LMNAS) Tahun 2021.

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM Darwis Simbolon mengatakan, olimpiade LMNAS telah menjadi salah satu kompetisi Matematika paling bergengsi di Indonesia. Setiap tahunnya, ribuan pelajar yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia baik tingkat SMP/MTs ataupun MA/SMA berlomba-lomba untuk mengikuti LMNAS ini.

Beberapa sekolah yang mengikuti lomba ini diantaranya SMAK Penabur Gading Serpong, SMAN 3 Bandung, SMA Witama Nasional Plus Riau, SMAN CMBBS, SMA Sutomo Medan dan lain-lain.

Darwis menyebutkan, LMNAS yang digelar secara daring diselenggarakan langsung oleh Universitas Airlangga Surabaya pada 31 Oktober 2021 dan hasilnya sudah diumumkan pada 17 November 2021.

“Alhamdulillah, siswa kami mendapat peringkat 2 di tingkat SMP/MTs atas nama Fadhli Fahlevi Muhammad dan Khairuman Sastranegara. Kemudian di tingkat SMA/MA siswa kami mendapat peringkat 3 atas nama Muhammad Thariq Aulia Rahman Lubis dan Azfa Riziq Ritonga,” ujar Darwis, Senin (22/11/2021).

Atas raihan prestasi sains tersebut, Darwis menyampaikan ucapan terima kasih atas do’a dan dukungan Ketua Badan Pendiri Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) selaku pembina PDM Hj Riana Siregar, Ketua Umum YASPENHIR Jafar Syahbuddin Ritonga DBA, Direktur dan para Wakil Direktur PDM serta seluruh komponen Pesantren Darul Mursyid.

“Mudah-mudahan prestasi ini menambah keberkahan bagi PDM, kejayaan Islam serta kebanggaan bagi orangtua dan guru,” tutur Darwis.

Direktur PDM Yusri Lubis menegaskan, semua ajang dan kesempatan untuk mengikuti olimpiade dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan harus diikuti demi untuk kemajuan Pesantren Darul Mursyid, terlebih pada pelajaran sains dan teknologi yang semakin maju.

Yusri menyebutkan, yang diberikan kepada para siswa mestinya bukan dengan cara teoritis saja, tetapi diberikan sebagai sesuatu yang menyenangkan dan mampu mengubah peradaban ilmu pengetahuan sehingga lebih nyata dan bermanfaat.

Terpisah, Ketua Umum YASPENHIR Jafar Syahbuddin Ritonga mengapresiasi prestasi sains siswa Pesantren Darul Mursyid yang terus mengalami peningkatan.

“Selamat kepada Tim Olimpiade Matematika Pesantren Darul Mursyid yang telah menambah prestasi sains yang membanggakan,” ucap Jafar Syahbuddin.

Jafar mengemukakan, dengan terus menambah prestasi sains, Pesantren Darul Mursyid menunjukkan konsistensinya dalam pencapaian visi dan misi sebagai pusat kejayaan sains Islam di Sumatera Bagian Tenggara.

“Insya Allah kita tidak akan pernah berhenti untuk mengikuti event perlombaan bergengsi dimanapun. Teruslah berjuang demi untuk kemajuan Islam, bangsa, Pesantren Darul Mursyid serta untuk membanggakan orangtua,” tutur Jafar, sosok pemimpin yang sangat berkarismatik ini. (Borneo)