Bupati Dolly Pasaribu Lepas Ratusan Tukik di Pantai Muara Opu

Bupati Dolly Pasaribu Lepas Ratusan Tukik di Pantai Muara Opu

08/12/2021 0 By Redaktur 3

TAPSEL I Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) Dolly Pasaribu bersama Ketua TP PKK Tapsel Rosalina Dolly Pasaribu melepas ratusan tukik atau anak penyu jenis Penyu Lekang atau Abu-Abu (Lepidochelys olivacea) di Pantai Muara Opu Kecamatan Muara Batang Toru, Kabupaten Tapsel, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Minggu (5/12/2021).

“Penyu jenis ini keberadaannya sudah mulai langka. Kita patut bersyukur karena biota laut seperti penyu masih mau mendarat dan bertelur di wilayah Pantai Muara Opu,” ucap Bupati Tapsel Dolly Pasaribu usai melepas tukik Lekang atau Abu-Abu di Pantai Muara Opu.

Apalagi, kata Bupati Dolly Pasaribu, enam dari tujuh jenis penyu di dunia ada di Indonesia dan dua jenis ada di Pantai Muara Opu.

Enam jenis penyu yang ada di Indonesia yakni Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea), Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Tempayan (Caretta caretta), Penyu Pipih (Natator depressa), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricate) dan Penyu Lekang atau Abu-Abu (Lepidochelys olivacea).

“Dari enam jenis penyu yang ada di Indonesia, dua di antaranya ada di Pantai Muara Opu seperti Penyu Belimbing dan Penyu Lekang atau Abu-Abu,” sebut Dolly Pasaribu.

Dolly menyampaikan, kehadirannya bersama Ketua TP PKK Tapsel pada pelepasan tukik untuk memberikan semangat dalam rangka konservasi terhadap penyu yang ada di Pantai Muara Opu.

“Tapsel sendiri memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa, tentu kita harus jaga bersama. Tidak hanya menjadi tanggung jawab masyarakat akan tetapi kalian semua yang bergerak di bidang konservasi lingkungan dan alam,” pungkas Dolly.

Dolly mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menggagas pertemuan tahunan dalam rangka melakukan konservasi lingkungan terhadap ekosistem laut seperti Penyu Belimbing dan Penyu Lekang atau Abu-Abu di Pantai Muara Opu.

Ia berharap, kelestarian satwa penyu dapat terus terjaga. Selain untuk menjaga kelestarian penyu, kegiatan pelepasan tukik juga dinilai dapat menciptakan ekosistem laut yang lebih sehat dan membantu menjaga keseimbangan lingkungan di pesisir pantai maupun laut. Di mana, kawasan pantai di Tapsel hanya ada di Kecamatan Muara Batang Toru dengan panjang kurang lebih 17 kilometer.

“Semoga dengan kegiatan ini kita dapat termotivasi untuk merawat alam yang kita pinjam dari anak cucu. Yakinlah, suatu saat nanti kita kembalikan untuk sebesar manfaat bagi mereka (anak cucu),” tutur Dolly. (Borneo)