Pesantren Darul Mursyid Dorong Santrinya Berprestasi Sampai Tingkat Internasional

Pesantren Darul Mursyid Dorong Santrinya Berprestasi Sampai Tingkat Internasional

08/12/2021 0 By Redaktur 3

TAPSEL I Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) yang terletak di Sidapdap Simanosor Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tidak pernah berhenti mengukir sejarah melalui prestasi-prestasi sains baik di tingkat nasional maupun internasional.

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM Darwis Simbolon mengatakan, keberhasilan Pesantren Darul Mursyid dalam mendorong santri agar berprestasi adalah wujud dari perjuangan para guru dan karyawan Pesantren Darul Mursyid dalam melakukan pembinaan baik secara langsung ataupun tidak langsung.

“Intinya Pesantren Darul Mursyid dan semua komponennya telah berkomitmen untuk terus mengukir sejarah dalam hal pencapaian prestasi sains yang insya Allah akan membawa nama Pesantren Darul Mursyid dan kejayaan sains Islam di Indonesia,” ujar Darwis Simbolon, Senin (6/12/2021).

Darwis menyebutkan, sejak tahun 2010 hingga saat ini, Pesantren Darul Mursyid sudah banyak berhasil meraih prestasi sains pada olimpiade-olimpiade bergengsi, seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN), Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Ruangguru, MSC, SCE, Lopi, Posi, HKIMO dan masih banyak lagi olimpiade bergengsi yang sudah diikuti.

“Prinsip kami adalah dimanapun ada olimpiade sains, kami siap untuk mengikutinya baik di tingkat nasional sampai ke tingkat internasional,” sebut Darwis.

Tidak hanya itu, lanjut Darwis, Pesantren Darul Mursyid juga turut aktif mengikuti perlombaan karya ilmiah dalam bentuk riset dan juga dalam hal kepenulisan.

“Kemudian saat ini juga kami tengah mempersiapkan santri kami untuk mengikuti perlombaan dalam bidang robotik yang insya Allah akan siap bertanding pada tingkat nasional,” terang Darwis.

Direktur PDM Yusri Lubis sangat bersyukur atas prestasi santri Pesantren Darul Mursyid yang terus kian bertambah.

Yusri berharap, dengan mengikuti olimpiade-olimpiade sains bergengsi di Indonesia bisa meningkatkan kualitas pendidikan Pesantren Darul Mursyid ke depan. Dengan mengikuti olimpiade di tingkat nasional dan internasional, juga diharapkan para santri bisa menambah wawasan dan pengalaman sehingga memperoleh ilmu pengetahuan yang lebih dalam dan bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

“Hal ini merupakan wujud dari keberhasilan Pesantren Darul Mursyid yang harus kita syukuri dengan sepenuh hati atas pencapaian prestasi yang dari tahun ke tahun terus bertambah. Contohnya tahun ini KSM tingkat Kabupaten, PDM 9 kali berturut-turut menjadi juara umum. OSN yang rata-rata diikuti sekolah umum, setiap tahun santri kami lolos dan mendapatkan medali,” pungkas Yusri.

Demikian juga olimpiade-olimpiade bergengsi, beber Yusri, seperti Lopi, Posi, MSC, SCE dan sebagainya juga bisa diikuti dengan baik.

“Pada tingkat internasional juga baru-baru ini kami mendapatkan prestasi terbaik atas nama M Thariq Aulia Rahman Lubis dan Azfa Riziq Ritonga pada ajang Hongkong International Mathematical Olympiad (HKIMO) 2021,” beber Yusri.

Ia menegaskan, pihaknya akan terus memberi dukungan untuk pencapaian prestasi sains agar Pesantren Darul Mursyid tetap eksis sebagai pusat kejayaan sains Islam.

Terpisah, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) Jafar Syahbuddin Ritonga DBA, badan pengelola PDM juga mendukung dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua komponen Pesantren Darul Mursyid.

“Maju terus Pesantren Darul Mursyid, insya Allah kita akan siap dan konsisten pada pencapaian prestasi yang tentunya akan bermanfaat bagi kemajuan sains Islam,” ucap Jafar Syahbuddin.

Jafar juga menegaskan, saat ini Pesantren Darul Mursyid tidak hanya sebagai pusat kejayaan sains Islam, tetapi harus bisa menjadi pelopor semua gerakan perubahan menuju kemajuan peradaban sehingga pada akhirnya bisa mencapai Lembaga Pemberdayaan Umat (LPU) yang lebih luas. (Borneo)