Mulai 1 Januari 2022, Pesantren Darul Mursyid Buka Pendaftaran Santri Baru

Mulai 1 Januari 2022, Pesantren Darul Mursyid Buka Pendaftaran Santri Baru

06/01/2022 0 By Redaktur 1

TAPSEL I Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) beralamat di Sidapdap Simanosor,  Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) menetapkan 1 Januari 2022 sebagai awal pembukaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pembelajaran (TP) 2022/2023 hanya untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dengan kuota 275 orang, terdiri dari 150 putra dan 125 putri.

Kepala MTs PDM, Hendra Irwandi Siregar mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, Darul Mursyid masih konsisten dengan PPDB hanya membuka peluang untuk tingkat MTs saja. Sedangkan untuk PPDB tingkat Madrasah Aliyah (MA) hanya mengambil dari santri MTs Darul Mursyid sendiri.

“Hal ini kami lakukan berdasarkan strategi pendidikan yang kami jalankan yaitu dengan Sistem Pendidikan Terpadu selama 6 tahun. Artinya, Darul Mursyid sampai saat ini tidak menerima peserta didik pindahan dari sekolah lain. Jika ingin sekolah di Darul Mursyid wajib mengulanginya dari kelas tujuh,” ujar Hendra Irwandi, Senin (3/1/2022).

Hendra menjelaskan, PPDB akan ditutup ketika kuota sudah terpenuhi dan tanpa melalui testing. Maka bagi para orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya di Darul Mursyid agar segera mendaftar sehingga tercatat sebagai calon peserta didik baru.

“Syarat pendaftaran silahkan hubungi bagian Humas dan Marketing Darul Mursyid, bisa melalui online dan juga bisa langsung kepada saudara Asep Safa’at Siregar (08126412142) atau saudara Abdurrahim Nasution (085370001734),” terang Hendra.

Direktur PDM, Yusri Lubis menyatakan, dengan kekonsistenan Darul Mursyid untuk terus memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi anak didik, tingkat ritensi atau kebetahan peserta didik di Darul Mursyid setiap tahun terus mengalami peningkatan.

“Ditambah lagi dengan deretan prestasi sains yang sudah diukir oleh peserta didik kami, sehingga santri Darul Mursyid dikenal sebagai pelopor penggerak kemajuan sains yang berakhlakul karimah,”  beber Yusri.

Lebih lanjut Yusri mengemukakan, ada beberapa hal penting yang menarik minat masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di Darul Mursyid. Pertama, model pendidikannya sudah menyesuaikan dengan perkembangan zaman dengan mengintegrasikan pendidikan agama Islam dan sains, sehingga diharapkan nantinya lahir santri berprestasi dan berkarakter. Kedua, Darul Mursyid adalah sekolah pencetak prestasi dibuktikan dengan prestasinya sudah masuk di tingkat nasional dan juga internasional. Ketiga, Akreditasi MTs Darul Mursyid telah predikat A dengan nilai 98 oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Nomor : DP.068266-N.P.S.N.10263927/BAP-SM/PROVSU/LL/XI/2017. Sedangkan untuk Akreditasi MA Darul Mursyid juga mendapat predikat A dengan nilai 99. Hal ini sesuai Surat Keputusan Nomor : 999/BAN-SM/SK/2021 tanggal 19 Oktober 2021, MA Darul Mursyid merupakan nilai Akreditas tertinggi se-Indonesia. Keempat, lingkungan Darul Mursyid yang aman, nyaman, sejuk dan sangat kondusif untuk belajar.

Terpisah, Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR), Jafar Syahbuddin Ritonga (JSR), pembina PDM mengatakan, PPDB TP 2022/2023 hendaknya dijadikan sebagai motivasi untuk semua guru, karyawan dan komponen Darul Mursyid untuk terus mempersiapkan divisi masing-masing guna memberikan pelayanan yang terbaik bagi anak didik, sehingga para orangtua yang menyekolahkan anaknya di Darul Mursyid bisa nyaman dengan konsep pelayanan pendidikan yang dibuat Darul Mursyid.

“Insya Allah saya sebagai pimpinan tertinggi di Darul Mursyid akan membawa Darul Mursyid kepada suatu peradaban yang lebih maju, dan kemajuannya tidak hanya di dalam tetapi harus bisa keluar sebagai lembaga pemberdayaan umat yang bermanfaat bagi orang banyak,” tutur JSR. (Borneo)