Santri Darul Mursyid Raih 10 Medali pada Indonesia Applied Science Competition 2021

Santri Darul Mursyid Raih 10 Medali pada Indonesia Applied Science Competition 2021

06/01/2022 0 By Redaktur 1

TAPSEL I Pesantren Modern Unggulan Terpadu “Darul Mursyid” (PDM) beralamat di Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) yang dikenal sebagai sekolah pencetak kejuaraan sains kembali mendongkrak capaian prestasi yang luar biasa pada olimpiade nasional Indonesia Applied Science Competition (IASC) Tahun 2021 Tingkat SMA-sederajat.

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM, Darwis Simbolon mengatakan, IASC adalah olimpiade yang cukup bergengsi dan sangat banyak diminati para pelajar Indonesia. Diselenggarakan langsung oleh lembaga pelatihan olimpiade yang cukup terkenal di kalangan tim olimpiade para pelajar di negeri ini yaitu Brandicator, yang telah berpengalaman dalam hal olimpiade sains.

Olimpiade ini digelar secara daring dari Banjarnegara, Jawa Tengah tanggal 18-19 Desember 2021 lalu. Diikuti ratusan sekolah yang tersebar di Indonesia, seperti SMA Semesta Semarang, MAN 2 Pekanbaru, SMKN 26 Jakarta, SMA Kalam Kudus, SMAN 1 Sukapura, SMAN 1 Wonosari, MAN 4 Jakarta, SMAN 1 Denpasar, SMA Muhammadiyah 15 Jakarta, SMAN 1 Jepara, SMA Tarakanita Gading Serpong dan ratusan sekolah lainnya.

“Alhamdulillah, santri kami berhasil meraih banyak prestasi,” ujar Darwis Simbolon, Rabu (5/1/2022).

Rinciannya, bidang Komputer meraih Emas masing-masing atas nama M Thariq Aulia Rahman dan Ahmad Rian Saifullah Ritonga. Bidang Matematika meraih Emas masing-masing atas nama M Thariq Aulia Rahman dan Ahmad Rian Saifullah Ritonga, medali Perak atas nama Azfa Riziq Ritonga. Bidang Geografi meraih Emas atas nama Fauzan Fadhil Sinambela dan Perunggu atas nama Fadhlan Aulia. Bidang Biologi meraih Emas atas nama Khairil Anhar dan Perak atas nama Yona Rizky Putri. Bidang Fisika meraih Perak atas nama Kurnia Fazar Rambe.

“Terima kasih atas doa dan dukungan Ketua Badan Pendiri Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) Hj Riana Siregar selaku pembina PDM, Ketua Umum YASPENHIR Jafar Syahbuddin Ritonga (JSR), Direktur dan para Wakil Direktur PDM, guru serta karyawan PDM. Mudah-mudahan prestasi ini menambah keberkahan bagi PDM, kejayaan Islam, kebanggaan bagi orangtua dan guru,” tutur Darwis.

M Thariq Aulia Rahman, salah satu peserta IASC yang juga aktif di berbagai ajang olimpiade lain baik di tingkat nasional maupun internasional mengaku sangat bersyukur atas pencapaian prestasi ini. Sebab, ajang IASC 2021 ini menyajikan soal yang cukup sulit sehingga butuh waktu untuk belajar lebih banyak lagi.

Thariq mengaku, awalnya agak gugup melihat daftar para peserta yang berasal dari sekolah-sekolah ternama di Indonesia.

“Namun bagaimana pun, saya tetap berusaha semaksimal mungkin agar dapat mengharumkan nama Islam untuk kemajuan Pesantren Darul Mursyid yang sangat saya cintai ini,” ucap Thariq.

Murni SPd, salah satu guru pembina olimpiade PDM merasa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada para peserta IASC atas pencapaian prestasi ini.

“Tingkat kesulitan dalam menjawab soal-soal olimpiade memang setiap tahun pasti meningkat. Karena itu kami selalu berusaha terus untuk memberikan pelatihan kepada anak didik kami,” ujar Murni.

Selain mencetak para juara sains, terang Murni, PDM juga membekali anak didiknya dengan ibadah dan karakter yang baik.

“Sehingga sebelum mereka bertanding, wajib untuk shalat Dhuha, shalat Hajat, berdoa, termasuk yang paling penting adalah selalu membiasakan mereka untuk memohon doa dari orangtua, guru dan unsur pimpinan di Pesantren Darul Mursyid,” ungkap Murni.

Demikian juga Direktur PDM, Yusri Lubis, merasa sangat bersyukur atas capaian prestasi yang luar biasa ini.

Yusri menegaskan, semua ajang dan kesempatan untuk mengikuti olimpiade dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan harus diikuti demi untuk kemajuan Darul Mursyid, terlebih pada pelajaran sains dan teknologi yang semakin maju.

“Kemudian, yang kita berikan kepada para santri mestinya bukan dengan cara teoritis, tetapi sesuatu yang menyenangkan dan mampu mengubah peradaban ilmu pengetahuan sehingga lebih nyata dan bermanfaat,” ujar Yusri.

Terpisah, Ketua Umum YASPENHIR Jafar Syahbuddin Ritonga (JSR) mengapresiasi prestasi santri Darul Mursyid yang terus mengalami peningkatan.

“Selamat kepada Tim Olimpiade Darul Mursyid yang telah menambah prestasi yang membanggakan pada olimpiade IASC 2021,” ucap Jafar Syhabuddin.

Dengan terus menambah prestasi, terang JSR, Darul Mursyid menunjukkan konsistensinya dalam pencapaian visi dan misi sebagai pusat kejayaan sains Islam di Indonesia.

“Insya Allah kita tidak akan pernah berhenti untuk mengikuti event perlombaan bergengsi dimanapun. Karena itu, sebelum pertandingan dimulai, mohon doa dan dukungan dari orangtua agar mendapatkan hasil terbaik. Teruslah berjuang demi untuk kemajuan Islam, bangsa, Darul Mursyid serta untuk membanggakan orangtua,” tutur JSR, sosok pemimpin berkarismatik ini. (Borneo)