KPU Sibolga Sosialisasikan Tahapan Pemilu dan Penggunaan Aplikasi Siakba Kepada Pegiat Demokrasi dan Insan Pers

KPU Sibolga Sosialisasikan Tahapan Pemilu dan Penggunaan Aplikasi Siakba Kepada Pegiat Demokrasi dan Insan Pers

05/11/2022 0 By Redaktur 3

SIBOLGA | Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sibolga menggelar Sosialisasi Tahapan dan Jadwal Pemilu Serentak Tahun 2024 serta Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (Siakba) Untuk Rekrutment Badan Adhoc Kepada Tokoh Masyarakat dan Elemen Masyarakat di Rumah Makan (RM) Thamrin Kota Sibolga, Sabtu (5/11/2022).

Acara sosialisasi dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kota Sibolga (Koordinator Divisi Keuangan, Umum, Ligistik dan Rumah Tangga) Khalid Walid dan dihadiri oleh Anggota KPU Provinsi Sumatera Utara Mulia Banuarea dan Anggota KPU Kota Sibolga lainnya yakni Afwan Nasution (Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM), Asmar Harahap (Koordinator Divisi Perencanaan, Data dan Informasi), Salmon Tambunan (Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan), Asa Dame Simanjuntak (Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan) serta Sekretaris KPU Kota Sibolga Tirta Adi Putra Pasaribu.

Peserta sosialisasi yakni Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pegiat Demokrasi dan Insan Pers.

Pada kesempatan itu, Khalid Walid yang merupakan Narasumber menyampaikan materi terkait tahapan dan jadwal pemilu serentak tahun 2024, dasar hukum, penyusunan peraturan KPU, pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih, pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu.

Kemudian, penetapan peserta pemilu, penetapan jumlah kursi dan penetapan daerah pemilihan, pencalonan, masa kampanye pemilu, masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara, penetapan hasil dan pengucapan sumpah dan janji.

Sementara itu, Mulia Banuarea yang juga Narasumber dalam pemaparan materinya menyampaikan, Siakba merupakan seperangkat sistem teknologi informasi yang berbasis web dalam rangka memfasilitasi:
1. Tahapan seleksi anggota KPU provinsi/kabupaten/kota dan badan Adhoc (PPK,PPS,PPLN,KPPS)
2. PAW Anggota KPU Provinsi/Kabupaten/kota dan Badan Adhoc
3. Pengelolaan data dan dokumen Administrasi berkelanjutan

“Fungsi siakba yakni pengelolaan tahapan seleksi, pengelolaan PAW, pengelolaan informasi publik, pengelolaan data dan dokumen administrasi dan pengelolaan akun dan bantuan,” terangnya.

Mulia juga menjelaskan cara daftar akun Siakba KPU untuk pendaftaran PPK dan PPS Pemilu 2024 :
1. Akses laman website https://siakba.kpu.go.id untuk masuk ke aplikasi siakba.
2. Setelah masuk klik login.
3. Jika belum memiliki akun maka langkah selanjutnya adalah anda klik menu silakan buat akun.
4. Setelah itu, isikan data anda meliputi Nama, Email, NIK, Password dan Konfirmasi Password. Pastikan data anda benar dan email yang digunakan adalah email yang masih aktif. Selanjutnya, barulah kemudian klik tombol register yang ada di bagian bawah.
5. Langkah selanjutnya adalah anda harus membuka email sebagaimana yang anda daftarkan pada langkah keempat sebelumnya. Klik kotak masuk email, lalu klik link aktivasi akun yang telah dikirimkan ke email anda.
6. Setelah itu klik link aktivasi akun yang dikirimkan ke email anda.
7. Selanjutnya anda bisa langsung mengklik tombol Login yang ada.
8. Setelah itu anda memasukkan email dan password.
9. Silahkan login.
10. Pada menu dasboard aplikasi silahkan klik garis 3 pada sudut kiri atas layar anda lalu akan muncul menu daftar.
11. Klik daftar dan pilih anda akan mendaftar sebagai PPK atau PPS.
12. Selanjutnya anda akan mengisi biodata. Pastikan anda mengisi dengan benar seluruh kolom yang tertera dalam menu tersebut. Termasuk riwayat pendidikan dan pengalaman kepemiluan (jika ada).
13. Lalu klik selanjutnya untuk masuk pada menu meng-upload formulir. Hal yang perlu diperhatikan adalah semua jenis formulir yang diupload harus sesuai dengan jenis formulir yang diminta melalui aplikasi. (Freddy A Pardosi)